Setelah 100 Tahun, Hari Ini Belanda Dipimpin Raja

AMSTERDAM - Belanda akan merayakan kenaikan takhta Raja Willem-Alexander hari ini, karena Ratu Beatrix memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Transisi monarki itu dipandang menjadi hal yang sangat bersejarah karena selama satu abad yang lalu, Belanda dipimpin oleh seorang ratu.

Acara itu digelar pada pukul 10.00 waktu setempat di Lapangan Amsterdam. Ratu Beatrix yang sudah berkuasa selama 33 tahun itu akan menyerahkan kekuasaannya pada putranya.

Beatrix dan Willem-Alexander akan muncul di balkon Istana Belanda dan berpidato, setelah itu Beatrix menandatangani sebuah surat pernyataan untuk transisi kekuasaannya. Menurut laporan dari pejabat Kota Amsterdam, sekira 800 ribu tamu akan hadir dalam penobatan Raja Willem-Alexander.

Pada Senin malam, Ratu Beatrix memberikan ucapan selamat kepada warga Belanda di televisi. Beatrix juga meminta seluruh warga untuk mendukung putra sulungnya yang saat ini menjadi kepala negara Belanda.

"Saat ini, putra sulung saya akan mengambil alih tanggung jawab dan pekerjaan ini, harapan terdalam saya adalah, pasangan kerajaan ini mendapat dukungan berupa cinta dan kepercayaan Anda semua," ujar Ratu Beatrix, seperti dikutip Fox News, Selasa (30/4/2013).

"Saya yakin, Willem-Alexander akan mengabdi dengan baik selayaknya seorang raja," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ratu Beatrix menyinggung jasa mantan suaminya Pangeran Claus yang wafat pada 2002 silam. Ratu berusia 75 tahun itu memuji didikan Pangeran Claus kepada anak-anaknya mengenai hal yang terkait kemasyarakatan.

Ratu Beatrix juga menggelar resepsi makan malam di Museum Nasional Rijksmuseum. Beberapa tamu Beatrix antara lain adalah Pangeran Charles dan istrinya.

Ratu Beatrix mengumumkan rencananya untuk menyerahkan kekuasaannya pada 29 Januari. Perdana Menteri Mark Rutte juga melaporkan bahwa Putera Mahkota Willem-Alexander sudah siap mengemban tugas ratu.

Seperti diketahui, Willem-Alexander akan menjadi raja pertama di Negeri Kincir Angin setelah 123 tahun. Pada 1890 kekuasaan Raja William III jatuh pada Ratu Wilhelmina, dan pada 1948, kekuasaan Ratu Wilhelmina diteruskan putri tunggalnya, Ratu Juliana.

Kekuasaan Ratu Juliana pun diteruskan oleh putri sulungnya, Ratu Beatrix pada 30 April 1980. Dan hari ini, kekuasaan kepala negara Belanda resmi dipegang seorang raja.

sumber : "http://international.okezone.com/read/2013/04/30/414/799588/setelah-1-abad-hari-ini-belanda-dipimpin-raja"
Label:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Membaca Artikel di :
Blog Penguintanah - Biar Mainstream yang Penting Tetap Menarik.
Silahkan Berkomentar yang Relevan Tanpa Menyinggung Suku, Agama, Budaya atau Ras Tertentu.

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.