4 Ton Garam Disebar Atasi Kebakaran Hutan di Riau

PEKANBARU - Pesawat Hercules milik TNI AU dan pesawat jenis Cassa dikerahkan untuk melakukan modifikasi cuaca guna mengatasi kebakaran hutan di Riau.

Pesawat Hercules mendarat di Lanud TNI Pekanbaru pukul 15.30 WIB, Sabtu (22/6/2013). Selain membawa personil, pesawat berbadan besar itu juga membawa material untuk membuat hujan buatan salah satu yakni garam.

"Kita menaburkan empat ton garam dengan menggunakan pesawat Cassa dan Hercules," kata Kodinator Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Pekanbaru, Riau.

Penebaran garam tersebut dimaksudkan untuk menyamai awan agar bisa tercipta adanya hujan. "Untuk hari ini kita fokuskan di Bengkalis," tukasnya.

Sementara itu Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan yang turun langsung ke Riau untuk meninjau kebakaran hutan menegaskan yang diperlukan saat ini adalah bekerja bersama-sama untuk memadamkan api.

Menhut juga menyindir sejumlah pihak yang hanya berkomentar saja tanpa melihat keadaanya sebenarnya. Diantaranya yang menyebut perusahaan HTI seperti PT RAPP yang melakukan pembakaran hutan. Karena sejauh ini belum ada ditemukan tentang hal tersebut.

"Jadi jangan berkomentar banyak tentang kebakaran hutan di Riau. Apalagi yang belum pernah kemari. Yang kita diperlukan adalah bekerja memadamkan api. Biarkanlah tim bekerja," ujarnya.

sumber : "http://news.okezone.com/read/2013/06/22/340/826140/4-ton-garam-disebar-atasi-kebakaran-hutan-di-riau
Label:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Membaca Artikel di :
Blog Penguintanah - Biar Mainstream yang Penting Tetap Menarik.
Silahkan Berkomentar yang Relevan Tanpa Menyinggung Suku, Agama, Budaya atau Ras Tertentu.

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.