Latihan EYD dan Daftar Pustaka















Latihan Pemakaian EYD II: Tanda Baca
1.    aku anggota betawi rembuk
2.    a  tanda titik (.)
3.    gambar 1  nilai tahanan dioda terhadap panas
4.    saya akan berangkat kuliah pukul 50000 setiap hari.
5.    perjalanan ke kampus dengan menggunakan bis kota sekitar 13550 jam.
6.    departeman pendidikan dan kebudayaan 1997 pedoman umum ejaan bahasa indonesia yang disempurnakan jakarta pusat pembinaan dan pengembangan bahasa.
7.    nomor induk mahasiswa saya 1234567890.
8.    uang kuliah semester mendatang akan naik menjadi rp 500000000
9.    daftar harga komputer per 1 januari 2002
10.  kantor penempatan tenaga  jalan cikini 71  jakarta pusat.
11. satu, dua, ... tiga
12. dia bukan anak saya melainkan anak tetangga yang mirip saya.
13.  kalau lulus saya akan jadi guru.
14.  saya akan jadi guru kalau lulus.
15. saya gembira sekali kata ibu karena kamu lulus ujian.
16. jakarta 27 juli 1996.
17. departeman pendidikan dan kebudayaan pedoman umum ejaan bahasa indonesia yang disempurnakan (jakarta  pusat pembinaan dan pengembangan bahasa  1997) hlm 4.
18. nama saya bagindo marto atmojo bukan bagindo ma
19. guru saya pak omar bakrie miskin sekali.
20. atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih.
21. berdiri lurus-lurus perintahnya.
22.  malam makin larut pesta belum selesai juga.
23.  saya menulis makalah ibu membuat sayur bapak asik menonton tv.
24.  hanya ada satu pilihan bagi saya lulus ujian atau mengulang.
25.  kita memerlukan kursi meja dan lemari.
26.  ruang kuliah  l 305
27. amir baik bu (mengangkat kopor dan masuk)
28. karangan ali hakim pendidikan seumur hidup sebuah studi sudah terbit.
29. indonesia berkembang secara berevolusi.
30. operasi militer ini akan berlangsung pada hari h.
31. rangkaian temuan ini  evolusi, teori kenisbian, dan seterusnya  telah mengubah konsepsi kita tentang alam semesta.
32. sebab-sebab menurunnya ip saya diteliti lebih lanjut
33. uang  sembako sebanyak 40 miliar ? disimpan di bawah tempat tidur.
34. faktor produksi menyangkut masalah a alam b tenaga, dan c modal.
35. rumus hukum ohm terdapat pada halaman 100.
36. tanya ibu kau dengar bunyi tut-tut mobil tetangga
37. feed-back  balikan
38. Jalan Kramat III/10   

Jawaban Latihan Pemakaian EYD II: Tanda Baca :

1. Aku anggota Betawi Rembuk.
2. A.Tanda Titik (.)
3. Gambar 1.  Nilai Tahanan Dioda terhadap Panas
4. Saya akan berangkat kuliah pukul 5.00.00 setiap hari.
5.  Perjalanan ke kampus dengan menggunakan bis kota sekitar 1.35.50   jam.
6.  Departeman Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Pedoman Umum Ejaan    Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
7. Nomor induk mahasiswa saya 1234567890.
8. Uang kuliah semester mendatang akan naik menjadi Rp 5.000.000,00
9. Daftar Harga Komputer per 1 Januari 2002.
10. Kantor Penempatan Tenaga, Jalan Cikini 71, Jakarta Pusat.
11. Satu, dua, ... tiga!
12. Dia bukan anak saya, melainkan anak tetangga yang mirip saya.
13. Kalau lulus, saya akan jadi guru.
14. Saya akan jadi guru kalau lulus.
15. “Saya gembira sekali,” kata Ibu, “karena kamu lulus ujian.”
16. Jakarta, 27 Juli 1996.
17. Departeman Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia      Yang Disempurnakan(Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa,1997), hlm. 4.
18. Nama saya Bagindo Marto Atmojo, bukan Bagindo, M.A.
19. Guru saya, Pak Omar Bakrie, miskin sekali.
20. Atas bantuan Bapak, saya ucapkan terima kasih.
21. “Berdiri lurus-lurus ! perintahnya.
22. Malam makin larut; pesta belum selesai juga.
23. Saya menulis makalah; ibu membuat sayur; bapak asik menonton TV.
24. Hanya ada satu pilihan bagi saya: lulus ujian atau mengulang.
25. Kita memerlukan kursi, meja, dan lemari.
26. Ruang Kuliah:  L. 305
27. Amir: “Baik, Bu” (mengangkat kopor dan masuk)
28. Karangan Ali Hakim, Pendidikan Seumur Hidup: Sebuah Studi, sudah terbit.
29. Indonesia berkembang secara ber-evolusi.
30. Operasi militer ini akan berlangsung pada hari-H.
31. Rangkain temuan ini – evolusi, teori kenisbian, dan seterusnya – telah mengubah konsepsi kita tentang alam semesta.
32. Sebab-sebab menurunnya IP saya ... akan diteliti lebih lanjut
33. Uang  sembako sebanyak 40 miliar (?) disimpan di bawah tempat tidur.
34. Faktor produksi menyangkut masalah(a) alam, (b) tenaga, dan (c) modal.
35. Rumus “Hukum Ohm” terdapat pada halaman 100.
36. Tanya Ibu, “Kau dengar bunyi ‘tut-tut’ mobil tetangga?”
37. Feed-back ‘ balikan’
38. Jalan Kramat III/10
 



Label:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Membaca Artikel di :
Blog Penguintanah - Biar Mainstream yang Penting Tetap Menarik.
Silahkan Berkomentar yang Relevan Tanpa Menyinggung Suku, Agama, Budaya atau Ras Tertentu.

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.